sebuah mata air di nigeria bernama ikogosi

selamat hari minggu. baru-baru ini saya mendapat tugas meninjau suatu makalah dari sebuah jurnal terbitan Badan Geologi. Penulisnya mungkin orang Afrika, Nigeria tepatnya. Ia bercerita tentang mata air Ikogosi yang airnya hangat (sepertinya menyenangkan kalau suatu hari bisa ke sana). Karena satu dan lain hal, dengan menyesal saya berpesan ke editor jurnal agar makalah ini “dikembalikan” (bukan ditolak) ke penulis dengan beberapa perbaikan.

perbaikan besar atau kecil, yang menarik adalah makalah ini mencoba mengisi celah kosong yang belum dibahas oleh makalah lainnya, tapi lupa belum dimasukkan. pasti si penulis ingin makalahnya menarik, tapi versi yang ini berakhir dengan penjabaran data dan fakta saja. mudah-mudahan versi selanjutnya bisa lebih baik.

salah satu yang saya lakukan saat meninjau makalahnya adalah melakukan pencarian informasi sendiri. seperti biasa saya gunakan yang gratis saja, Google scholar plus satu lagi Dimensions. yang menarik, hasil pencarian dari dimensions dapat disimpan (tapi anda perlu membuat akun ya) dan dibaca oleh piranti lunak lain yang juga gratis, Vosviewer. dalam versi terbarunya, vosviewer sudah memasukkan fitur untuk membaca langsung data hasil pencarian dimensions. neat huh. dari situ, kita bisa melakukan berbagai analisis, misal hubungan penulisan (co-authorsip), hubungan sitiran antara dokumen, hubungan antar afiliasi si penulis dan bahkan negaranya.

kebetulan ada sedikit waktu, dan caranya cukup mudah dan sederhana (straighforward), jadi langsung saya buat beberapa plot, sebagai berikut (lengkapnya ada di repositori OSF saya ini). harapannya, si penulis makalah dapat mengetahui makalah mana saja yang dapat dijadikan referensi lanjut untuk dapat menggambarkan apa yang telah diketahui sebelumnya dan apa yang bisa diisi oleh makalah yang ditulisnya.

hubungan sitiran antar makalah
Hubungan antara penulis makalah (co-authorship)

Hubungan makalah berdasarkan jurnal (sources)

Hubungan antara makalah berdasarkan afiliasi penulis

Hubungan antara makalah berdasarkan negara asal penulis atau negara afiliasi penulis

menarik bukan. saya menantikan untuk berkomunikasi lanjut dengan penulisnya. tidak lupa saya titipkan identitas dan alamat surel saya ke editor agar disampaikan ke penulisnya.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s