Apa yang terjadi saat akhir minggu?

Apa yang terjadi saat akhir minggu? Kalau Anda warga Bandung pasti bisa menebak, yakni derasnya arus wisatawan (mayoritas dari Jakarta) ke lokasi-lokasi wisata dan perbelanjaan.
pexels-photo-761820
Red Landy (Foto dari Pexels/ahmadsyahrir CC-0)

Decomp_TDS_100.png
Apakah aktivitas itu tercermin ke kualitas air. Hasil riset sederhana kami mengindikasikan adanya perubahan kualitas air sungai, ditandai dengan lonjakan nilai TDS (total dissolved solids) pada setiap akhir minggu, sejak Jumat hingga Senin.
TDS sendiri mencerminkan kandungan garam, yang bisa saja berasal dari sumber-sumber alamiah dan buatan. Sumber alamiah bisa saja hasil pelarutan mineral hasil pengikisan material tanah atau bebatuan di tepi sungai. Sumber lainnya bisa berasal dari aktivitas manusia.
Berikut ini adalah hasil dekomposisi data time series TDS (air sungai di kawasan Curug Panganten Cimahi). Pengukuran dilakukan 4 kali sehari, tiga hari seminggu, selama Maret-November 2017. Pengukuran dilakukan oleh Sri Aditya (mahasiswa S2 Prodi Magister Teknik Air Tanah) dibantu kawan-kawannya mahasiswa Program Sarjana Teknik Geologi ITB.
 
 
Kalau Anda perhatikan di plot ‘seasonal’, lonjakan-lonjakan (peak) terjadi di setiap akhir minggu. Berikutnya kami akan membandingkan data dari lokasi ini dengan dua lokasi lainnya yang berada di kawasan perumahan (Pondok Hijau Indah) dan persawahan (Royal Grand Pancanaka). Data dan kode akan tersedia segera secara daring dan terbuka. 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s