Problem input csv data dalam R

Assalamu’alaikum wrwb. Selamat pagi R user.
Berbagai pengalaman saya saat menyimpan data dengan R. Memang belajar itu adalah pekerjaan setiap hari dan tidak kenal usia. Walaupun sudah menggunakan R sejak 2013 — “menggunakan” ya bukan “memprogram” karena saya memang bukan programmer🙂 — tapi masih saja banyak hal yang saya pelajari. Bahkan untuk hal-hal mendasar.
idiom-sleep-illustration-58365318
(gambar dipinjam dari sini)
Salah satunya adalah saat saya akan menginput data dalam format csv awal minggu ini. Data seperti biasa saya input dan rapihkan menggunakan LibreOffice. Reformatting yang saya lakukan seperti biasa adalah:
  • cek judul kolom dan baris, apakah ada yang di-merge;
  • penamaan ulang judul kolom dan baris agar lebih ringkas tapi tidak kehilangan info utama;
  • cek jenis data: apakah numerik atau bukan dst.

Kemudian tabel saya save as ke dalam for csv. Sebelum akhirnya saya baca dalam R.

Baca data seperti biasa perintahnya:

foo

Kemudian cek jenis data dengan perintah:

str(foo)

Yang aneh data yang saya harapkan numerik jenisnya, terbaca sebagai factor. Saya cek balik ke tabel, Googling bagaimana cara mengkonversi tipe data dst, tidak berhasil!

Kemudian saya tinggal tidur. Ya betul kalau ada yang tidak beres, masalah apapun Sleep on it.🙂

Keesokan paginya saya coba lagi buka data spreadsheet nya. Kemudian saya iseng ubah format angkanya. Yang sebelumnya format angkanya dengan koma dan titik, saya kembalikan ke default. Artinya angka anda hanya ada tanda desimalnya (bisa koma atau titik), sedangkan pemisah untuk ribuannya hilang.

Saya save as ke csv kembali, dan baca di dalam R.

Dan voila!

Kolom numerik yang sebelumnya terbaca sebagai factor, sekarang terbaca sebagai numerik.

Jadi kalau anda masih menggabungkan pola kerja data input dengan spreadsheet seperti saya, maka hilangkan segala formatting, terutama terhadap angka sebelum meyimpannya ke dalam format ASCII (misal csv atau txt)

Moral of the story: Sleep on it🙂

Leave a Reply

