WTF: Writing (is) Totally Fun

funwriting
(Writing is Totally Fun, Gambar dipinjam dari http://www.danscartoons.com)

Kalau anda membaca tulisan WTF apa yang muncul di pikiran anda? WTF di sini adalah singkatan dari Writing is Totally Fun. Jadi jangan apriori dulu, scroll sedikit lagi ke bawah untuk membaca selanjutnya.

Mengapa kok menyenangkan?

Iya buat saya, setidaknya, sangat menyenangkan kalau bisa membuat orang lain memahami sesuatu yang sebelumnya belum diketahui. Belum lagi, kalau anda muslim, Insya Allah ada ganjaran pahala kalau anda menyebarkan ilmu kepada orang lain. Bagian mana yang tidak menyenangkan.

Apakah menulis karya ilmiah termasuk yang menyenangkan?

Satu kata. Iya. Dan anda jangan secara sempit mengartikan karya ilmiah sebagai buku atau makalah ilmiah yang tebal dan penuh dengan rumus. Coba anda lihat buku iptek jaman sekarang, sebagai contoh serial “XXX for Dummies” yang dimiliki oleh Penerbit John Wiley and Sons. Jauh dari kesan buku iptek yang dulu anda dan termasuk saya kenal kan. Semua disajikan dengan relaks, penuh ilustrasi dengan kalimat sederhana. Covernya yang menyolok kombinasi warna hitam dan kuning pasti akan menarik perhatian kita kalau masuk ke toko buku. Yang menarik lagi, Penerbit John Wiley mengemas buku For Dummies ini agak beda dengan yang lain, karena mereka juga menyiapkan website For Dummiesyang khusus dibuat untuk memuat cuplikan tips-tips yang ada dalam bukunya.

Mengenalkan Serial WTF

Bercermin dari contoh di atas, perkenankan saya untuk mengenalkan serial blogpost WTF ini. Pola post akan acak tanpa mengikuti kaidah tertentu, apa muncul di hari itu akan saya sampaikan. Kalau post sudah banyak, nanti akan ada halaman khusus yang isinya outline dari berbagai tulisan tersebut. Mudah-mudahan diberi waktu dan tenaga.

Dari post-post di blog ini, mungkin nantinya saya bisa mengembangkannya menjadi buku atau pelatihan-pelatihan singkat. Kita lihat saja nanti.

Oiya, hari ini 14 Februari 2015 bertepatan dengan ultah ayah saya. Mudah-mudahan beliau selalu sehat dan dilimpahi karunia nikmat iman dan Islam yang tak ada hentinya dari Allah SWT. Aamiin YRA.

Simak post berikutnya “How to make an Introduction”

Tulisan ini dibuat dengan: OS Ubuntu 14.04, R Markdown dan R Studio

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s