Masjid Salman 2 di Kampus ITB Jatinangor

Berikut posting dari senior saya, Pak Rinaldi Munir.

Saya ingat pertama kali ke lokasi masjid ini saat acara peletakan batu pertama. Sekarang masjid sudah berdiri dengan megah. Arsitekturnya memang mirip dengan Masjid Salman 1.

Melihat masjid, tidak akan lepas dari ingatan saya tentang Masjid Nabawi dan Masjid Haram. Mungkin kedua masjid ini adalah tempat dengan kepadatan tertinggi pada saat sholat fardhu dan sholat jumat. Tidak pernah sepanjang hidup saya berada di satu masjid yang mana para jamaah berebut untuk berdiri di shaf yang paling depan. Tidak pernah di sepanjang kehidupan saya, ke masjid yang tetap saja ramai walaupun cuaca panas menyengat. Bau keringat sudah seperti parfum Paris. Dan semua orang tetap sholat dengan khusu’.

Kembali ke Masjid Salman 2, semoga secepatnya bisa kembali ke tanah air dan sholat di Masjid ini.

@dasaptaerwin

Catatanku

Kemarin saya sholat Jumat di kampus ITB Jatinangor. Seorang teman mengajak sholat di Masjid Salman 2 yang terletak di depan kampus. FYI, bagi yang belum mengetahui, ITB sudah beberapa tahun ini mempunyai kampus 2 di kawasan Jatinangor, Sumedang (baca tulisan saya terdahulu: Berkunjung ke Kampus ITB Jatinangor).

Di Kampus ITB Jatinangor baru saja selesai dibangun masjid kampus yang diberi nama Masjid Salman 2. Disebut demikian karena masjid ini kembaran dari Masjid Salman di Kampus ITB Ganesha. Arsitekturnya mirip dengan Masjid Salman di Bandung, mulai dari bentuk bangunan hingga interior di dalamnya. Bentuk masjid Salman adalah kotak, tanpa kubah, dilengkapi dengan sebuah menara, dan lantainya yang khas dari kayu.

13062014169

13062014170

Tampak samping Tampak samping

Nah, coba anda bandingkan dengan Masjid Salman di kampus Ganesha ini (Sumber foto: http://salmanitb.com/2012/08/06/masjid-terbaik/). Sekilas mirip.

Masjid Salman di kampus ITB Ganesha Masjid Salman di kampus ITB Ganesha

Saya masuk ke dalam masjid untuk melihat interior di dalamnya. Kebetulan jamaah sholat Jumat belum banyak yang…

View original post 95 more words

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s