Mutiara dari Lalan

Anak-anak hebat. Terlepas dari kontroversi UN, anehnya yang banyak dan sering protes mengenai UN adalah anak-anak atau sekolah-sekolah di kota besar. Jarang terdengar protes dari sekolah-sekolah seperti dalam blog Imam Santoso ini.

Coretan Imam Santoso

Juni 2013, adalah hari yang bersejarah bagi SD Bandar Agung. Karena untuk pertama kalinya siswa dari sekolah ini telah berhasil masuk Final dalam olimpiade sains menyingkirkan 150,000 anak dari seluruh Indonesia. Tak mudah untuk sampai tahap ini. Butuh perjuangan berdarah-darah sejak babak penyisihan sampai babak final. Tiyas harus meyakinkan guru-guru akan kemampuan anak-anak didiknya sendiri, harus memutar otak untuk membuat alat-alat peraga dengan fasilitas seadanya dan juga harus membelah rawa-rawa untuk sekedar keluar kota untuk dapat ikut berlomba.

View original post 771 more words

One thought on “Mutiara dari Lalan

  1. Jadi benar ya Pak, menurut Malcolm Gladwell (buku “The Tipping Point”), ternyata perubahan besar yang signifikan ternyata seringkali justru di-tip (sentuh) oleh hal-hal sederhana yang selama ini tidak pernah mendekat.

    Kalau saya boleh mengambil kesimpulan Pengajar Muda (PM) yang diceritakan di blog tersebut, dalam istilah Gladwell, memenuhi hukum “The Law of The Few”. Lebih spesifik, sebagai “Connector”. Orang yang “bertugas” menyelesaikan missing link dari setiap potensi yang ada.

    Sementara komentar saya begini dulu, banyak yang berseliweran, tapi belum terstruktur.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s