Microsoft OneNote (MO) untuk membantu penulisan tugas akhir (1)

Buat yang belum pernah pakai, saya menggunakan piranti lunak ini untuk mengingat, mencatat, dan membuat konsep/draft.

 
 

Di mana MO bisa ditemukan, kalau anda meng-install Microsoft Office 2007 dengan lengkap, maka semestinya dapat ditemukan di sini,

 
 


 
 

Satu notebook terdiri dari beberapa section (meeting notes, weblog dst), lihat gambar di atas. Dan masing-masing tab, dapat dibagi-bagi lagi menjadi beberapa page atau sub page. Bayangkan anda punya section “skripsi” dan di dalamnya ada page “bab 1”, “bab 2” dst atau bahkan sub page 2.1, 2.2 dst.

 
 

MO ini seperti block note (jaman dulu orang juga menyebutnya no-tes). Jadi gunanya untuk untuk mencatat apa saja yang anda ingin catat dan ingat. Karena jaman sekarang, jaman internet, maka dengan MO anda dapat meng-copy paste materi apa pun dari internet. Apakah itu gambar, teks, foto, dll dapat di copy paste ke halaman MO anda. Kelebihannya, informasi mengenai rujukan, misalnya alamat website sumber akan ikut ter-copy dan paste. Jadi anda tidak perlu mencatat alamat websitenya dan mengetik ulang. Kapan materi di copy paste, penanda waktu aktivits juga akan otomatis ter -copy and paste. Dengan MO, anda juga dapat meng-copy paste materi dari file pdf anda atau file format lainnya.

 
 

 
 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s