Mobil anda overheat?

Apapun merek mobil anda, merek Jepang atau Eropa, Amerika, atau yang datang dari Benua Kangguru, over heat adalah masalah yang dapat terjadi. Urun rembug juga. F/I/A/T UNO II saya baru-baru ini juga mengalami kenaikan temperatur mesin yang tidak normal. Saya langsung berhenti di tempat memungkinkan, begitu jarum penunjuk melewati batas normal, biasanya sekitar 90 derajat celcius.
Jadi pelajaran pertama, jangan lupa sekali-kali menengok indikator temperatur mesin saat mengemudi.

Setelah panggil montir darurat dan cek sana sini, rupanya temperature switch (TS) sudah tidak difungsikan, sehingga Electric Fan (EF), kipas pendingin radiator, terus-terusan menyala. Akibatnya relay mendapat beban berat dan akhirnya meleleh. Kalau sudah begini, maka tidak lain, EF akan mati, dan air radiator tidak mendingin dengan normal.

Kalau hal ini terjadi, berikut ini beberapa perangkat mesin yang harus dicek (dari pengalaman saya sendiri dan rekan-rekan dari berbagai komunitas):

1) Temperature switch tidak berfungsi normal

2) Relay yang hangus

3) Tutup radiator yang sudah kurang berfungsi (biasa diistilahkan tidak vacuum)

4) Putaran EF sudah tidak berfungsi normal, optimal krn kumparan sudah rusak dll. Karena EF ini ada yang berfungsi dengan 2 kecepatan (low speed high speed)

5) Radiator tersumbat

Demikian, mudah2an membantu.

Salam, Erwin

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s