Peugeot: Facts and Fictions

fact or fiction

[image from: www.teleread.com]

[first posted 24 Sept 2007, last updated 14 April 2014]

[last updated 14 Februari 2015]

Tulisan ini bukti lain bahwa tulisan lebih abadi dibanding lisan. Dibuat tahun 2007 dan sampai hari ini masih dibaca. Silahkan simak tags “WTF” dan “Writing is Totally Fun” untuk post yang lebih “serius”.


As quoted from selected threads at Peugeot 505 comm miling list. Moral of the story-nya, kalau sudah naksir sama satu brand ya tempuh saja, beli mobilnya. Tentunya dengan certain degree of testing ya. Jangan beli “kucing dalam karung”. Buka banyak pilihan, tes satu-satu. Bawa ke bengkel spesialis Peugeot (banyak link di internet). Seperti saya, begitu nekat beli pug 505 (tahun 2002), jadi ketagihan. Nambah 504 baru-baru ini (tapi ini terjadi sebelum saya merantau ke Sydney ya).

Tanya:

Saya tertarik lihat tongkrongan peugeot, karena kelihatan elegant Tapi temen2 ngomong ada anggapan mengenai peugeot yaitu :

  1. Mesin gampang panas
  2. Sparepart mahal
  3. Boros.

Saya jadi ragu2 pengin beli peugeot ini. Mungkin teman2 punya tanggapan tentang keadaan yg sebenarnya?

<br />xxx

Respons:

Kalo nanya ke sini cari racun Oom...

<span style="font-size: 10pt; font-family: 'Georgia', 'serif';"> Kan di sini para penggemar/pemerhati Peugeot.
Jawabannya pasti:
- Mesin nggak cepat panas kalo kondisi standar (nggak bekas dioprek-oprek)
- Spare parts So So.... ada yang murah ada yang mahal
- Boros?? Tergantung beratnya kaki dan setelannya sehat atau tidak?</span>

Kalo pegang dari baru... nggak ada masalah,
kecuali harga jual kembalinya yang terjun bebas.

Kalo mau pegang yang bekas....
Pastikan yang pegang sebelumnya care dan apik.
Kalo nggak, mitos-mitos yang ada benar adanya.

Kalo ragu-ragu mendingan jangan....
Daripada jadi "irrasional" seperti orang-orang di sini.
Termasuk saya🙂

Salam,
ADP
<!-- [if !supportLineBreakNewLine]-->>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
<span style="font-size: 10pt; font-family: 'Georgia', 'serif';">namanya uda brani jadi pug lover, yg penting siap mental aja, waktu
pertama pegang 307 ini, keluarga/temen gaul juga nanya, kagak salah
nih ? yg dukung cuma anak ke-1, dia hobi banget liat 307sw...
paling enak emang miara pug dari baru, krn tau sejarah dan seluk
beluknya,
tp kalo belon waktunya, ya, kita rawat lebih telaten aja, pasti ok
dan lancar koq. Sedikit lebih teliti, yes, spare part mahal ? tidak
juga lah. byk Oom/tante di sini yang hopeng banget ama Bengkel Resmi
dan kalo ada sedikit error di mobil, sering juga tidak perlu bayar
kalo cuma setel dikit2...
kalo cari yg seken, ada Oom2 disini yg bisa bantu kasih free sarans...</span>

salam,
ho
<!-- [if !supportLineBreakNewLine]-->

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

<span style="font-size: 10pt; font-family: 'Georgia', 'serif';">Om xxx.
Kalau pake 306 sih emang males ngerem....beberapa kali pulang magelang...brenti karena cuma kebelet....dan pastinya serasa jalan sendiririan (*ngga ono sing nyusul)
DC
<!-- [if !supportLineBreakNewLine]--></span>

<span style="font-size: 10pt; font-family: 'Georgia', 'serif';">1. Mesin gampang panas itu adalah paradigma masyarakat Indonesia
terhadap image Peugeot, biasanya yang ngomong itu nggak pernah punya
Peugeot.
2. Spareparts mahal... harus ada bandingannya... Kalau compared to
kendaraan niaga... maka "Yesss, parts Peugeot mostly lebih mahal".
3. Boros.... tergantung typenya apa....Saya pake pake 806 ke Jakarta -
Jogja pp 3 malam/4 hari nggak perlu refueling.... Ke Purwokerto 3 malam
pp pake 307 SW juga nggak perlu refueling.... Nah pake 306... Jakarta -
Jogja nggak perlu refuel di jalan... driving stylenya... yah nggak ada
yang nyusul deh :-)</span>

xxxx

<span style="font-size: 10pt; font-family: 'Georgia', 'serif';">Gampang panas itu maksudnya apa? Overheat? kalau itu maksudnya, semua
mobil akan alami kalau pemiliknya tidak care.</span>

Mungkin yang dibilang orang2 yg belum pernah pake peugeot itu adalah
penunjuk temperaturnya yang berbeda dgn mobil2 jepang, di peugeot
menggunakan angka2, pada temperatur normal jarum akan berada di tengah
dan menunjukkan angka 90C. Kalau di mobil2 jepang tidak ada angka2nya yg
ada hanya jarum berada di tengah2 kalau suhunya normal.

Spare part mahal? Kayaknya sama aja dengan mobil2 lainnya. Malah ada
part yg murah, pengalaman saya, untuk shock ori atoyot absolut sebijinya
1 juta (itu dulu), kalau di 405 atau 406, 1 juta itu dapet sepasang
shock ori.

Boros, tergantung serinya, kalau 406 atau 405 yg 2000cc sama aja
borosnya dengan Atoyot Absolut yg 2000cc kalau di jalan macet tapi kalau
keluar kota bisa dapet 1:11 atau 1:12, kalau 306 atau 206 yg di bawah
2000cc pastinya jauh lebih irit.

Yang pasti beli peugeot itu enak karena harganya murah2 ngga sebanding
dengan kenyaman yg didapatkan, tapi giliran mau jual kembali sudah pasti
harga jauuhh lebih rendah dibandingkan pas belinya heheheh. Dan biasanya
kalau dah punya pug suka ngga mau lagi pake merk lain......nyaman banget
gitu lo

Salam
zxx

<span style="font-size: 10pt; font-family: 'Georgia', 'serif';">Merc boros? ah mitos tuh😀 tiger 280 betul boros, tapi merc yg anyar2 mah
irit tante. Gak usah kuatir beli peugeot lah tante, kelemahannya cuma
beberapa komponen suka pake 'cheap material' terutama plastik, tapi itu no
big deal. tidak lebih menyeramkan daripada miara sebuah Audi😀 Pastiin aja
AC nya bekerja dgn baik, kalo gak, bisa bikin muak sampe pengen jual itu
mobil deh :-D</span>

Baca juga proyek buku saya (Scientific) Writing is Totally Fun (WTF).

7 thoughts on “Peugeot: Facts and Fictions

  1. Saya pake 505GR th 86 ngak pernah rudet n rewel,bensin ngak terlalu boros,mantapp..pokona mah peugeot 505GR.tapii… Mau Di Jual ah he heee..022 70631122.

  2. saya pakai pug 306st alhamdulillah ga pernah nyusahin dan buang2 duit buat beli bensin untuk dari rumah kekampus (tebet-blok m) 10 liter bisa buat 3 hari tanpa jalan2/nongkrong atau 70rb untuk 3hari lumayan hemat untuk saya (wajar mahasiswa) hehee.. intinya harus punya mekanik yg jujur & amanah untuk masalah pug supaya kita juga ga kena tipu.. perawatan mudah, spartpart msh sangat banyak yg jual & mesin cukup badak untuk perjalanan jauh tp jgn lupa siapin kopi hitam karna kenyamanannya sering bikin ngantuk.. hahaha

  3. Dear Admin..

    Salam kenal..

    Langsung aja mw tanya ..saat ini saya pakai 306 tahun 1997..klo temperatur sudah mencapai 90 dan lampu indikator stop sudah nyalah, apakah itu kondisi normal dan aman klo tetap saya jalankan?

    Mohon pencerahan.

    Terima kasih

    1. Tks mas. Wah saya bukan admin, tapi hanya penggemar Pug yg kebetulan ngeblog.
      Begini mas, banyak teman saya yang pakai 306 bilang, temp 90 masih aman. Tapi jgn sampai lebih dari itu.
      Tapi mengingat mobil sudah “berumur” ada baiknya cek ke bengkel Pug langganannya. Cek dari yg sederhana, semisal relay temp sensor dan kabel2nya, cek kecepatan putaran fan nya, satu-satu, sampai cek dan kuras radiator, cek water pump.

      Saya blm punya pengalaman jelek dengan 306, tapi untuk BMW M40 saya pernah mati fuel pump siang hari di tol cawang. Bayangkan panasnya, apalagi saya bawa anak 2 tahun. Yg bikin kesel adalah, dari sejak awal mobil saya pakai, semua sudah saya cek, kecuali parts yang itu (fuel pump). Akhirnya mobil diderek balik ke rumah ortu saya (Alhamdulillah belum terlalu jauh). Nginep semalam, ganti fuel pump baru (1 jt lebih dikit). Terus sehat sampai saya jual sebelum merantau ini (posisi saya sekarang di Sydney).

      Moral of the storynya. Segera cek mas🙂 Maaf kalau kurang menjawab ya. Karena sekali lagi saya bukan “pebengkel” Pug dan admin milis. hehe.

      Salam kenal juga mas.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s